Pengertian tentang Caliper Gauge

Caliper Gauge


Caliper gauge ialah alat ukur yang mempergunakan dial gauge. Ada dua tipe caliper gauge yaitu inside caliper dan outside caliper. Inside caliper biasanya dipergunakan untuk mengukur komponen automotif. Inside caliper gauge digunakan untuk mengukur diameter dalam yang kecil yang  tidak dapat diukur dengan inside micrometer.

Metode Pengukuran
1.    Ukurlah diameter dalam (inside diameter) dengan vernier caliper. Contoh bila hasil pengukuran dengan vernier caliper  8,40 mm selanjutnya micrometer diset ke angka yang mendekati hasil ukur vernier dan kelipatan dari 0,5 mm yang mendekati pembaca yaitu 8,50 mm.

2.    Tempatkan kaki-kaki caliper diantara anvil dan spindle micrometer. Gerakkan caliper sampai didapat angka yang terkecil. Kemudian putarlah outer ring sampai angka nol lurus dengan jarum penunjuk.  

Sumber gambar diatas : Caliper Gauge

3.    Tekanlah tombol caliper gauge lambat-lambat letakkan lug pada bagian dalam pekerjaan dan lepaskan tombol. Gerak – gerak  caliper sampai di dapat pembacaan terkecil (ukuran berlawann arah jarum jam), . Jika pembacaan menunjukkan 0,07 mm, artinya diameter dalam adalah 0,07 lebih kecil dari 8,50 mm. Jadi diameter dalam ialah 8,43 mm (8,50 -  0,07). Bila searah jarum jam maka hasilnya ditambah.






Sumber refrensi : http://ikhsan-ajj.blogspot.co.id/2012/04/caliper-gauge.html







0 komentar:

Posting Komentar