Dial Gauge

Dial Gauge (Dial Indicator)

Dial Gauge digunakan untuk mengukur kebengkokan poros, ronout, kesejajaran, ke-taan dan lain-lain. Di dalamnya terdapat mekanisme spesial yang dapat memperbes-ar gerakan yang kecil. Ketika spindle bergerak sepanjang permukaan yang di ukur, gerakkan ini diperbesar oleh pembesaran oleh mekannisme pembesar dan selanjut-nya ditunjukkan oleh penunjuk (pointer).

Klasifikasi tingkat pengukuran ditunjukkan pada permukaan dial. Klasifikasi menunjukkan skala terkecil dan tingkat pengukuran ditunjukkan pada permukaan dial. Klasifikasi menunjukkan skala terkecil, dan tingkat pengukuran menunjukkan pembacaan maksimum. Skala dan outer ring dapat diputar ke “O” agar lurus dengan penunjuk. Pada dial juga terdepat penghitung putaran (revolution counter). Counter ini menunjukkan berapa kali penunjuk telah berputar.


Tidak seperti halnya alat ukur lain, dial gauge selalu digunakan bersama alat penopang (supporting tool). Umumnya magnetic stand digunakan untuk mengukur automotive parts. Dial gauge juga dibuat  dalam bentuk caliper gauge dan inside dial gauge.


Pengertian Komponen :
·   Penunjuk : Jarum penunjuk ini kebanyakan menunjukan dengan skala 0,01 mm, apabila jarum menunjukkan angka 10 berarti 0,01 x 10 = 0,1 mm.
·     Penghitung putaran : Jarum ini akan bergerak satu ruas/ ketika penunjuk bergerak dari 1 putaran (dari nol ke nol lagi). Nilai pergerakkan nya 0,01 mm x 100 = 1 mm.
·  Spindle (bidang sentuh) : Pada bagian ini akan bergerak naik dan turun apabila bersentuhan dengan permukaan benda kerja saat benda kerja bergerak terhadap bidang sentuh tersebut yang menyebapkan penunjuk berputar ke kiri dan kanan.

A.     Petunjuk Penggunaan

Posisi spindel dial gauge tegak lurus pada permukaan yang diperiksa.

·   Imajinasikan garis dari mata anda ke pointer dial gauge dengan tegak lurus pada permukaan dial waktu membaca ukuran.
·         Dial gauge dipasang dengan teliti pada supporting toolnya.
·        Putar outer ring dan stel pada titik nol. Gerakkan spindle ke atas dan bawah. Periksalah bahwa penunjuk selalu kembali ke nol bila tidak memegang spindle.

·     Di dalam dial gauge terdapat mekanisme presisi seperti jam. Jangan sampai terjatuh atau terkena benturan.
·    Jangan berikan oli atau gemuk diantara spindle dan tangkainya. Bila gerakan spindle menjadi tidak lancar karena oli atau kotoran, celupkan  ke bensin sambil menggerakkan spindle naik turun sampai oli atau kotorannya keluar. 

B.     Metode Pengukuran

Mengukur run out poros
·    Letakkan V-Block di atas plat datar, dan letakkan poros di atas block, seperti diperlihatkan pada gambar.

·  Sentuhkan spindle gauge pada permukaan poros. Aturlah tinggi dial gauge lock sedemikian rupa sehingga menyentuh permukaan poros sebelah kanan.



·      Putarlah poros perlahan-lahan dan temukan point pada permukaan pembacaan paling kecil. Kemudian putarlah outer ring sampai penunjuk – kan pada “O”.
·         Putarlah poros perlahan–lahan. Bacalah jumlah gerakkan pointer.

Untuk dial gauge metric (mm) skala utama ditunjukan dengan jarum panjang (long hand), satu putaran jarum panjang (dari nol ke nol = 100 strip) menandakan skala 1 mm, dan akan ditunjukan dengan pergerakan jarum pendek (short hand) sejauh 1 strip yang berarti probe spidle bergerak sejauh 1 mm. Satu putaran jarum pendek (short hand) dari nol ke nol sebanyak 10 strip atau sama dengan 10 x 1 mm = 10 mm atau 1 cm. Sehingga tingkat akurasi (1 strip jarum panjang) dial gauge metric adalah 1 mm dibagi 100 strip sama dengan 0,01 mm.
Untuk dial gauge English (inch), skala utama ditunjukan dengan jarum panjang (long hand), satu putaran jarum panjang (dari nol ke nol = 100 strip) menandakan skala 0,1 inch, dan akan ditunjukan dengan pergerakan jarum pendek (short hand) sejauh 1 strip yang berarti probe spindle bergerak sejauh 0,1 inch. Satu putaran jarum pendek (short hand) dari nol ke nol sebanyak 10 strip atau sama dengan 10 x 0,1 inch = 1 inch. Sehingga tingkat akurasi (1 strip jarum panjang) dari dial gauge English (inch) adalah 0,1 inch dibagi 100 strip sama dengan 0,001 inch.

C.     Jenis Dial Gauge

·      Dial gauge dengan skala 0,01 mm, Jenis ini dapat dipakai untuk mengukur dengan batas ukuran hingga 10 mm.
·         Dial gauge dengan nilai skala 0,01 mm, Jenis ini memiliki batas ukur hingga        1 mm
·     Dial gauge dengan nilai skala 0,0005 mm, Jenis ini memiliki batas ukur hingga 0,025 mm.
·         Skala utama : 8  & Skala nonius : 75 divisi x 0,01 mm  = 0,75


Sumber refrensi : http://alatukur.web.id/dial-indikator-kegunaan-dan-cara-kerjanya/


0 komentar:

Posting Komentar