Feeler Gauge (Thickness Gauge)

 

Feeler Gauge (Thickness Gauge)

Feeler Gauge juga dikenal dengan nama thickness Gauge dan digunakan untuk mengukur celah antara dua bagian komponen yang bersinggungan, karena jarak antara kedua permukaan sangat sempit maka dibutuhkan alat ukur yang tak bersakala.
Thickness gauge ini terdiri dari lembaran baja tipis yang memiliki presisi sampai 1/100 mm (0,01 mm). Pada umumnya ketebalannya antara 0,03 mm sampai 1,00 mm. Nilai ketebalannya tercantum pada setiap belahnya (lembarnya).




Ada pula dengan satuan ukuran inch.

1)  Penting Ingatlah

·   Bershikan feeler dari komponen yang akan diukur sebelum melakukan pengukuran. Adanya kotoran, oli dan lain–lain akan menyebabkan hasil pengukuran yang salah/ berlebihan.
·  Bila satu bilah feeler masih belum cukup untuk pengukuran, gabunglah dua atau beberapa bilah sesuai kebutuhan. Tetapi usahakan jumlahnya sedikit mungkin.
· Sisipkan thickness gauge pada celah komponen dengan hati-hati. Jangan membengkokkan atau merusak gauge. Bila rusak feeler gauge dibuang.

2)  Cara Pengukuran

Sisipkan gauge diantara komponen yang diukur. Bila feeler gauge mudah masuk dan keluar, pakailah gauge yang lebih tebal hingga anda merasakan hambatan saat ditarik keluar. Untuk nilai dari ukuran di dapat dari hasil pengukuran dengan feeler gauge dapat masuk secara presisi.


Informasi
Metode ini bisa membantu anda belajar merasakan gesekan dalam mengukur celah secara benar.

1.  Micrometer diset sesuai dengan ketebalan feeler.


2.  Tempatkan thickness gauge diantara anvil dan spindle micrometer.
3.  Tariklah gauge dan belajarlah untuk merasakan pada waktu menarik gauge.

0 komentar:

Posting Komentar