Sistem Pendinginan

 

Kegunaan Pendinginan :

Untuk mengurangi panas yang diserap oleh bagian-bagian motor sehingga tidak terjadi kerusakan.


Fungsinya pendinginan

Untuk memperoleh temperatur kerja motor yang tetap ( Kurang Lebih 90 0 C )

Jenis Pendinginan :

·         Pendinginan dalam

Pendinginan melalui penguapan bahan bakar didalam silinder












·         Pendinginan luar



Dengan radiasi Panas motor yang dipindahkan ke udara luar secara langsung

 

Dengan hantaran ( cairan ) Pendinginan tidak berhubungan langsung dengan udara luar tetapi pemindahan panas melalui cairan (air pendingin)









  • Sistem pendinginan udara secara alam


 

Keuntungan :
  •  Konstruksi sederhana 
  • Harga lebih murah 
  • Motor ringan

 

Kerugian :

  • Pendinginan tidak merata 
  • Suara motor keras karena getaran sirip-sirip 


Digunakan pada :

Sepeda motor Temperatur kerja  :  100 – 1300 C



  • Sistem pendinginan udara dengan ventilasi

Pengaliran udara ke sirip pendingin melalui kipas yang digerakkan poros engkol

Digunakan pada Mobil atau sepeda motor yang motornya dalam keadaan tertutup

Misal : Vespa, Suzuki RC, VW lama, Deutz Diesel, Yamaha ( Force One)

 




Cara kerja

Jika motor dihidupkan, maka

·         Kipas berputar

·         Udara dialirkan menuju sudu-sudu penghantar ke sirip-sirip kepala silinder dan blok silinder

 

Keuntungan

·         Pendinginan lebih merata

·         Baik untuk motor stasioner karena sederhana tanpa perawatan


Sistem pendinginan air sirkulasi alam / Thermositon

Pengaliran air dari motor ke radiator berdasarkan perbedaan berat jenis dari air panas dan air dingin

Digunakan pada motor lama dan motor penggerak kecil






Cara kerja

*) Motor dihidupkan maka :

  • Air dalam mesin menjadi panas
  • Volume air mengembang
  • Berat jenis air mengecil
  • Air panas naik ke radiator

 

*) Dalam radiator air panas didinginkan, maka :

  • Volume air menyusut
  • Berat jenis air membesar
  • Air turun ke motor, dst nya







0 komentar:

Posting Komentar