Micrometer dalam (Inside Micrometer)

Micrometer dalam (Inside Micrometer)


Inside micrometer kelihatannya seperti outside micrometer tanpa kerangka. Tingkat pengukuran inside micrometer ialah 25 mm, dan prinsip pengukurannya sama dengan outside micrometer. Micrometer dalam dipakai untuk mengukur garis tengah suatu benda.


Dengan cara pengunaan inside micrometer lebih sulit dari pada outside micrometer. Sebagai contoh, untuk mengukur diameter silinder, pegangan grip pada inside micrometer dan sentuhan anvilnya pada satu sisi. Putarkan thimble perlahan-lahan sampai anvil menyentuh sisi yang lain, dengan membaca jarak yang saling membelakangi yaitu sebuah ukur muka tetap yang dipasang pada batang utama dan muka ukur lainnya yang terletak pada ujungnya yang bergerak secara tegak lurus.
Posisi micrometer harus benar, gerakkan micrometer secara vertikal pada gambar A sampai didapat pembacaan yang paling kecil. Kemudian gerakkan secara horizontal (gb B) sampai di dapat pembacaan yang terbesar. Gambarkan garis imajinasi yang melewati garis horisontal pada gambar A. Kemudian gambarkan imajinasi vertikal melalui garis pada point (gambar B). Letakkan spindle pada point garis yang saling memotong dan ukurlah bagian dalam diameter.


Hal yang diperhatikan dalam mengunakan micrometer :
*     Selalu gunakan micrometer sesuai dengan fungsinya.
*     Sebelum melakukan pengukuran lakukan kalibrasi dengan kedudukan pada posisi nol.
*     Bersihkan pada bagian yang akan diukur atau micrometer, adanya kotoran maupun gram menyebabkan kerusakan permukaan ukur micrometer atau kesalahan ukur.
*  Dalam pengukuran, penekanan poros ukur pada obyek ukur jangan terlalu keras sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan ukur karena deformasi (perubahan bentuk) dari benda ukur maupun alat itu sendiri. Kecermatan pengukuran tergantung dalam penekanan pengukuran yang cukup dan selalu tetap, dengan memutar silinder putar melalui rachet dan friction thimble.

2 komentar:

  1. Bos bagaimana rumus penghitungan untuk inside micromtr..trima kasih

    BalasHapus
  2. apakah mikrometer dalam yang ini beda dengan mikrometer dalam yang ada rahang ukurnya??

    BalasHapus